PROGRAM KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
Diposting oleh Ikatan Keluarga Alumni Psikologi Unissula di 21.08A. Persiapan
- Penyusunan Prosata Jenjang (termasuk Program & Alokasi waktu)
- Pembuatan Program Satuan Pelajaran (termasuk LKS)
- Penyediaan Fasilitas (ruang BK, meja dan kursi, lemari, papan tulis, dsb)
B. Pengumpulan Data
- Observasi (individual dan kelompok)
- Interview (langsung dan tidak langsung)
- Angket (siswa dan orang tua)
- Tes Psikologis (kemampuan, bakat, minat, dsj)
- Hasil Prestasi Belajar (nilai ulangan, nilai raport)
- Daftar kehadiran dan absensi
- Laporan kasus (dari Guru, orang tua, teman, dsb)
C. Layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan
- Layanan Orientasi
- Layanan Informasi
- Layanan Bimbingan Penetapan dan Penyaluran
- Layanan Bimbingan Belajar, Karir, Pribadi, Sosial
- Layanan Bimbingan Kelompok/Klasikal
- Layanan Konseling Individual
- Layanan Konseling Kelompok
D. Konsultasi
- Guru-guru (formal atau informal)
- Orang tua (panggilan dari sekolah atau kunjungan ke rumah)
- Psikolog/Psikiater/Dokter, dsb (sifatnya referal)
E. Pertemuan / Rapat
- Rapat rutin Bidang BK
- Kegiatan Sanggar
- Pertemuan Guru BK antar jenjang
F. Pelatihan / Penataran
- Dengan tujuan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan Guru BK.
G. Evaluasi dan Tindak lanjut
- Membuat laporan 2 bulanan (kepada Ka. Sek. & Ka. Bid.)
- Membuat Evaluasi Prosata
RENCANA KERJA GURU PEMBIMBING
O. | K E G I A T A N | 07 | 08 | 09 | 10 | 11 | 12 | 01 | 02 | 03 | 04 | 05 | 06 |
1 | ADMINISTRASI BIMBINGAN | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
1 | A. DATA SISWA | - | X | X | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
1 | B. BUKU KOMUNIKASI | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | C. BUKU KEGIATAN SEHARI-HARI | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | D. BUKU KASUS | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | E. KARTU KONSELING | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | F. PETA MURID | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | G. PETA KELAS | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
1 | H. SOSIOGRAM | - | - | - | - | - | - | X | X | - | - | - | - |
2 | BIMBINGAN KLASIKAL | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
2 | A. PRIBADI | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
2 | B. SOSIAL | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
2 | C. BELAJAR | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
2 | D. KARIER | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - | - |
3 | BINA REMAJA | - | X | - | - | X | - | - | - | - | - | - | - |
4 | KONSELING INDIVIDUAL | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
5 | PERTEMUAN DENGAN ORANG TUA MURID | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
6 | PERCAKAPAN DENGAN GURU/WALIKELAS/KASEK | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
7 | KUNJUNGAN | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X |
MATERI LAYANAN BIMBINGAN
Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan sasaran layanan bimbingan serta karakteristik tujuan dan perkembangan siswa dalam aspek pribadi-sosial, pendidikan serta karier. Disamping itu sebaiknya diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas. Namun pengelompokan isi layanan menurut tingkatan kelas, jangan digunakan secara kaku, tetapi harus ditetapkan secara fleksibel. Dengan memperhatikan hal itu, isi layanan bimbingan di SLTP / SLTA untuk setiap kelas adalah sebagai berikut :
Kelas I
1. Bimbingan Pribadi-sosial :
- Memahami ciri-ciri kecakapan diri sendiri (mengenal kekuatan dan kelemahannya).
- Mendiskusikan cara-cara mengatur kegiatan sehari-hari.
- Membedakan antara hal-hal yang membantu dan berbahaya bagi kesehatan fisik.
- Mendiskusikan tanggung jawab siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
- Menelaah tekanan-tekanan yang dirasakan datang dari kelompok sebaya.
- Mengetahui bahwa mendengarkan dan berbicara secara tepat/ sopan membantu memecahkan masalah.
- Memberikan contoh bahwa pengalaman di masa lalu berpengaruh pada tindakan saat ini masa yang akan datang.
2. Bimbingan belajar :
- Mengembangkan rencana untuk mengatur waktu belajar.
- Mengembangkan motivasi yang mendorong agar mampu belajar sebaik mungkin.
- Mempelajari cara-cara belajar yang efektif dan efisien.
- Menemukan cara-cara menghadapi ulangan/test.
3. Bimbingan karier :
- Mengetahui dan menelaah pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri.
- Memperkirakan adanya perbedaan macam-macam karier masa kini dan masa yang akan datang.
- Menjelaskan bahwa pekerjaan dapat memenuhi kebutuhan hidup.
- Menelaah bermacam-macam cara untuk melihat kemajuan diri.
Kelas II
1. Bimbingan pribadi-sosial :
- Mendiskusikan cara seseorang memandang dirinya
- Memperkirakan perasaan-perasaan dalam berbagai situasi
- Memberikan informasi tentang cara-cara pencegahan yang berkenaan dengan penyalahgunaan obat-obat terlarang.
- Mengetahui kebaikan-kebaikan (kualitas positif) dari orang lain yang berbeda latar belakang kebudayaannya
- Belajar bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami peran sebagai anggota keluarga (status anak)
- Mengetahui cara mengatasi konflik dengan orang lain
- Menjelaskan bahwa memiliki banyak informasi dapat membuat alternatif pemecahan masalah makin baik.
2. Bimbingan belajar :
- Menilai pentingnya mengatur keseimbangan antara waktu belajar dengan kegiatan ekstra-kurikuler
- Mengenal dan mencari informasi di luar sekolah yang menunjang pencapaian tujuan belajar.
- Memahami teknik-teknik belajar dengan menggunakan sumber-sumber baik di dalam maupun di luar sekolah
- Mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan/test.
3. Bimbingan karier :
- Menjelaskan adanya kesamaan dan perbedaan peran dalam pekerjaan
- Mengetahui kebutuhan-kebutuhan secara khusus untuk mencapai kepuasan dalam suatu pekerjaan.
- Menilai bahwa “meneladani” itu dapat mempengaruhi pemilihan karier (Tokoh Karier).
- Menggambarkan keterampilan yang dimiliki sekarang untuk digunakan pada masa yang akan datang.
Kelas III
1. Bimbingan pribadi-sosial:
- Menerima dan menghargai keunikan ciri-ciri kemampuan diri.
- Menggambarkan nilai-nilai pribadi, yang dipandang penting.
- Mampu bersikap wajar dalam situasi tertekan.
- Menghargai kelebihan (hal-hal yang baik) pada orang- orang yang berbeda latar belakang kebudayaannya.
- Belajar menelaah batas-batas tanggung jawab diri.
- Mengenal kebiasaan sendiri yang mengganggu dalam membentuk hubungan yang efektif dengan sesama.
- Menelaah bahwa keterampilan menyelesaikan konflik dapat menunjang kerjasama dalam kelompok
- Menelaah akibat dan manfaat alternatif sebelum membuat keputusan
- Memahami pergaulan antarteman sejenis dan lawan jenis.
2. Bimbingan belajar :
- Mengevaluasi kebiasaan belajar dan merencanakan perubahan bila diperlukan.
- Merencanakan pendidikan lanjutan setelah tamat SLTP
- Mempelajari cara-cara belajar yang praktis dan sistimatis.
- Mempersiapkan diri dalam menghadapi Ebta/Ebtanas.
3. Bimbingan karier :
- Menelaah pola-pola karier yang ada dalam diri dan memahami keterbatasannya.
- Menelaah bahwa pilihan yang dibuat sekarang dapat mempengaruhi kehidupan di masa depan.
- Menelaah dan mendiskusikan macam-macam karier yang ada pada masa kini.
- Menelaah keterampilan kemampuan, bakat dan minat sendiri dalam rangka kelanjutan sekolah atau memasuki dunia kerja.
Label: Bimbingan Konseling Sekolah
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Anonim mengatakan...
sesuatu banget^^
12 November 2011 pukul 09.33
KTSP Smart System mengatakan...
Dapatkan Program aplikasi pendidikan lengkap untuk guru/dosen/BK. Info lengkap kunjungi http://ktspsmartsystem.blogspot.com
9 Juli 2012 pukul 20.37