PROGRAM KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
Diposting oleh Ikatan Keluarga Alumni Psikologi Unissula di 21.08A. Persiapan
  - Penyusunan Prosata Jenjang      (termasuk Program & Alokasi waktu)
 - Pembuatan Program Satuan      Pelajaran (termasuk LKS)
 - Penyediaan Fasilitas      (ruang BK, meja dan kursi, lemari, papan tulis, dsb)
 
B. Pengumpulan Data
  - Observasi (individual dan      kelompok)
 - Interview (langsung dan      tidak langsung)
 - Angket (siswa dan orang      tua)
 - Tes Psikologis (kemampuan,      bakat, minat, dsj)
 - Hasil Prestasi Belajar      (nilai ulangan, nilai raport)
 - Daftar kehadiran dan      absensi
 - Laporan kasus (dari Guru,      orang tua, teman, dsb)
 
C. Layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan
  - Layanan Orientasi
 - Layanan Informasi
 - Layanan Bimbingan Penetapan      dan Penyaluran
 - Layanan Bimbingan Belajar,      Karir, Pribadi, Sosial
 - Layanan Bimbingan      Kelompok/Klasikal
 - Layanan Konseling      Individual
 - Layanan Konseling Kelompok
 
D. Konsultasi
  - Guru-guru (formal atau      informal)
 - Orang tua (panggilan dari      sekolah atau kunjungan ke rumah)
 - Psikolog/Psikiater/Dokter,      dsb (sifatnya referal)
 
E. Pertemuan / Rapat
  - Rapat rutin Bidang BK
 - Kegiatan Sanggar
 - Pertemuan Guru BK antar      jenjang
 
F. Pelatihan / Penataran
  - Dengan tujuan meningkatkan      wawasan pengetahuan dan keterampilan Guru BK.
 
G. Evaluasi dan Tindak lanjut
  - Membuat laporan 2 bulanan      (kepada Ka. Sek. & Ka. Bid.)
 - Membuat Evaluasi Prosata
 
RENCANA KERJA GURU PEMBIMBING
|     O.  |        K E G I A T A N  |        07  |        08  |        09  |        10  |        11  |        12  |        01  |        02  |        03  |        04  |        05  |        06  |   
|     1  |        ADMINISTRASI   BIMBINGAN  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     1  |        A. DATA SISWA  |        -  |        X  |        X  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     1  |        B. BUKU KOMUNIKASI  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        C. BUKU KEGIATAN SEHARI-HARI  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        D. BUKU KASUS  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        E. KARTU KONSELING  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        F. PETA MURID  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        G. PETA KELAS  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     1  |        H. SOSIOGRAM  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        X  |        X  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     2  |        BIMBINGAN   KLASIKAL  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     2  |        A. PRIBADI  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     2  |        B. SOSIAL  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     2  |        C. BELAJAR  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     2  |        D. KARIER  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     3  |        BINA REMAJA  |        -  |        X  |        -  |        -  |        X  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |        -  |   
|     4  |        KONSELING   INDIVIDUAL  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     5  |        PERTEMUAN DENGAN   ORANG TUA MURID  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     6  |        PERCAKAPAN   DENGAN GURU/WALIKELAS/KASEK  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
|     7  |        KUNJUNGAN  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |        X  |   
MATERI LAYANAN BIMBINGAN
Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan sasaran layanan bimbingan serta karakteristik tujuan dan perkembangan siswa dalam aspek pribadi-sosial, pendidikan serta karier. Disamping itu sebaiknya diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas. Namun pengelompokan isi layanan menurut tingkatan kelas, jangan digunakan secara kaku, tetapi harus ditetapkan secara fleksibel. Dengan memperhatikan hal itu, isi layanan bimbingan di SLTP / SLTA untuk setiap kelas adalah sebagai berikut :
Kelas I
  1. Bimbingan Pribadi-sosial :
  - Memahami ciri-ciri      kecakapan diri sendiri (mengenal kekuatan dan kelemahannya).
 - Mendiskusikan cara-cara      mengatur kegiatan sehari-hari.
 - Membedakan antara hal-hal      yang membantu dan berbahaya bagi kesehatan fisik.
 - Mendiskusikan tanggung      jawab siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
 - Menelaah tekanan-tekanan      yang dirasakan datang dari kelompok sebaya.
 - Mengetahui bahwa      mendengarkan dan berbicara secara tepat/ sopan membantu memecahkan      masalah.
 - Memberikan contoh bahwa      pengalaman di masa lalu berpengaruh pada tindakan saat ini masa yang akan      datang.
 
2. Bimbingan belajar :
  - Mengembangkan rencana      untuk mengatur waktu belajar.
 - Mengembangkan motivasi      yang mendorong agar mampu belajar sebaik mungkin.
 - Mempelajari cara-cara      belajar yang efektif dan efisien.
 - Menemukan cara-cara      menghadapi ulangan/test.
 
3. Bimbingan karier :
  - Mengetahui dan menelaah      pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri.
 - Memperkirakan adanya      perbedaan macam-macam karier masa kini dan masa yang akan datang.
 - Menjelaskan bahwa      pekerjaan dapat memenuhi kebutuhan hidup.
 - Menelaah bermacam-macam      cara untuk melihat kemajuan diri.
 
Kelas II
  1. Bimbingan pribadi-sosial :
  - Mendiskusikan cara      seseorang memandang dirinya
 - Memperkirakan      perasaan-perasaan dalam berbagai situasi
 - Memberikan informasi tentang      cara-cara pencegahan yang berkenaan dengan penyalahgunaan obat-obat      terlarang.
 - Mengetahui      kebaikan-kebaikan (kualitas positif) dari orang lain yang berbeda latar      belakang kebudayaannya
 - Belajar bertanggung jawab      dalam kehidupan sehari-hari
 - Memahami peran sebagai      anggota keluarga (status anak)
 - Mengetahui cara mengatasi      konflik dengan orang lain
 - Menjelaskan bahwa memiliki      banyak informasi dapat membuat alternatif pemecahan masalah makin baik.
 
2. Bimbingan belajar :
  - Menilai pentingnya      mengatur keseimbangan antara waktu belajar dengan kegiatan      ekstra-kurikuler
 - Mengenal dan mencari      informasi di luar sekolah yang menunjang pencapaian tujuan belajar.
 - Memahami teknik-teknik      belajar dengan menggunakan sumber-sumber baik di dalam maupun di luar      sekolah
 - Mempersiapkan diri untuk      menghadapi ulangan/test.
 
3. Bimbingan karier :
  - Menjelaskan adanya      kesamaan dan perbedaan peran dalam pekerjaan
 - Mengetahui      kebutuhan-kebutuhan secara khusus untuk mencapai kepuasan dalam suatu      pekerjaan.
 - Menilai bahwa “meneladani”      itu dapat mempengaruhi pemilihan karier (Tokoh Karier).
 - Menggambarkan keterampilan      yang dimiliki sekarang untuk digunakan pada masa yang akan datang.
 
Kelas III
  1. Bimbingan pribadi-sosial:
  - Menerima dan menghargai      keunikan ciri-ciri kemampuan diri.
 - Menggambarkan nilai-nilai      pribadi, yang dipandang penting.
 - Mampu bersikap wajar dalam      situasi tertekan.
 - Menghargai kelebihan      (hal-hal yang baik) pada orang- orang yang berbeda latar belakang      kebudayaannya.
 - Belajar menelaah      batas-batas tanggung jawab diri.
 - Mengenal kebiasaan sendiri      yang mengganggu dalam membentuk hubungan yang efektif dengan sesama.
 - Menelaah bahwa      keterampilan menyelesaikan konflik dapat menunjang kerjasama dalam      kelompok
 - Menelaah akibat dan      manfaat alternatif sebelum membuat keputusan
 - Memahami pergaulan      antarteman sejenis dan lawan jenis.
 
2. Bimbingan belajar :
  - Mengevaluasi kebiasaan      belajar dan merencanakan perubahan bila diperlukan.
 - Merencanakan pendidikan      lanjutan setelah tamat SLTP
 - Mempelajari cara-cara      belajar yang praktis dan sistimatis.
 - Mempersiapkan diri dalam      menghadapi Ebta/Ebtanas.
 
3. Bimbingan karier :
  - Menelaah pola-pola karier      yang ada dalam diri dan memahami keterbatasannya.
 - Menelaah bahwa pilihan      yang dibuat sekarang dapat mempengaruhi kehidupan di masa depan.
 - Menelaah dan      mendiskusikan macam-macam karier yang ada pada masa kini.
 - Menelaah keterampilan      kemampuan, bakat dan minat sendiri dalam rangka kelanjutan sekolah atau      memasuki dunia kerja.
 
Label: Bimbingan Konseling Sekolah
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Anonim mengatakan...
sesuatu banget^^
12 November 2011 pukul 09.33
KTSP Smart System mengatakan...
Dapatkan Program aplikasi pendidikan lengkap untuk guru/dosen/BK. Info lengkap kunjungi http://ktspsmartsystem.blogspot.com
9 Juli 2012 pukul 20.37